Softskill Manajemen Umum

Tugas 1
1. Uraikanlah dan jelaskan mengapa organisasi menjadi penting dalam mencapai suatu tujuan ! 
    Jawab: 
   Pertama, kita perlu mengetahui/memahami terlebih dahulu makna/arti dari suatu organisasi. Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai suatu tujuan yang terdapat pembagian tugas untuk setiap individu di mana ada unsur atasan & bawahan.  Mengapa organisasi menjadi penting? Ya jikalau tidak ada organisasi niscaya suatu kelompok akan kebingungan untuk mencapai tujuannya karena orang-orang tersebut akan meninggikan egonya sendiri tanpa menyelaraskan pikiran mereka, sehingga cara untuk mencapai tujuan tersebut akan kabur.

2. Jelaskanlah mengapa untuk mendapatkan selembar kertas orang membutuhkan organisasi 
    Jawab: 
   Karena untuk saat ini selembar kertas pun bisa menjadi penting jikalau terdapat tulisan yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup suatu organisasi. Misal suatu organisasi ingin meminta izin menggunakan suatu ruangan yang berguna untuk mengadakan suatu acara dari organisasi tersebut, untuk mendapatkan surat pernyataan perizinan boleh atau tidak dibutuhkan organisasi. Ya, kita bisa kembali mengingat makna/arti dari organisasi apa agar kita pun bisa kembali mengerti/memahami mengapa untuk mendapatkan selembar kertas orang membutuhkan organisasi.

Tugas 2
Dimisalkan anda diminta untuk mengelola sebuah usaha warnet,
Di mana warnet ini membutuhkan perencanaan dan pengorganisasian agar dapat berjalan.
Rumuskanlah visi dan misi dari warnet yang anda kelola selain itu buatlah pengorganisasian dari warnet yang anda kelola!
Jawab:
Visi : Mewujudkan warnet “Sukses” menjadi basis pengelolaan internet di Desa Budi Luhur dengan tanpa merusak pola pikir budaya ketimuran.
Misi :
  1. Menonjolkan ciri warnet yang ramah untuk konsumen dalam arti biaya sewa yang terjangkau. 
  2. Menonjolkan estetika fisik warnet “Sukses” & bersih dari sampah.
  3. Menarik pelanggan dengan cara melakukan penyuluhan tentang arti penting & manfaat positif dari internet dengan bantuan dari Kelurahan selama sebulan pertama.
  4. Menempel peraturan sederhana, namun sarat dengan visi pada pintu masuk. 
  5. Menerapkan sistem efisiensi penggunaan & waktu agar pelanggan tidak membuka situs-situs tak bermoral & tidak lupa waktu.
  6. Menerapkan sistem keseimbangan antara penghematan dana & memperbagus kondisi fisik warnet, sehingga terwujud warnet yang tergolong dalam kategori sukses sesuai dengan namanya.
Struktur Organisasi:
  1. Bpk./Ibu Lurah 
  2. Penggagas ide/Pemilik Modal 
  3. Penjaga warnet/karyawan

Komentar

Postingan Populer