Hambatan Komunikasi Organisasi Sekolah, bisa Berpengaruh ke "Luar"

Ya, berikut adalah sedikit penjelasan tentang hambatan-hambatan yang terjadi dalam organisasi sekolah yang ternyata bisa berpangaruh ke semua lini kehidupan.

Hambatan Komunikasi pada Organisasi Sekolah
  1. Hambatan dari Proses Komunikasi yaitu hambatan yang timbul dari ketidak jelasan informasi yang akan disampaikan. Misalnya : guru memberikan tugas kepada siswa, tetapi pesan yang disampaikan guru tersebut bersifat ambigu, sehingga menyebabkan salah persepsi antara guru dan siswa. 
  2. Hambatan Fisik yaitu hambatan yang terjadi akibat ada gangguan cuaca, gangguan sinyal, dsb. Misalnya : musim hujan memicu terjangkitnya penyakit, seperti flu, guru menjelaskan materi ketika guru dalam kondisi sakit flu, guru tersebut tidak bisa menyampaikan pesan secara efektif sehingga menyebabkan siswa tidak paham denga pesan yang disampaikan guru tersebut. Atau kondisi siswa  sebagai komunikan yang kurang baik sehingga tidak bisa menerima pesan dengan baik. 
  3. Hambatan Manusiawi yaitu hambatan yang terjadi akibat tingkat emosi manusia yang tidak menentu dalam menyikapi informasi atau pesan. Misalnya guru mengajar siswa dalam keadaan emosi atau sedang ada masalah pribadi tentu emosi itu terbawa ketika guru tersebut mengajar, sehingga guru  tersebut seringt marah-marah dalam menyampaikan materi. 
  4. Hambatan Organisasional yaitu tingkat hirarkhi, wewenang manajerial dan spesialisasi yaitu hambatan yang timbul akibat komunikasi dengan atasan atau bawahan mengalami kendala seperti tingkat pemahaman terhadap suatu informasi yang berbeda yang mengakibatkan sebuah hambatan. Contohnya siswa merasa malu ketika ingin menyampaikan pesan kepada kepala sekolah, siswa tersebut merasa tidak percaya diri sedikit canggung  sehingga tidak bisa menyampaikan pesan secara leluasa dan pesan tersebut tidak efektif. 
  5. Hambatan-hambatan Antar Pribadi yaitu hambatan yang timbul antar pribadi didalam sebuah organisasi, biasanya hambatan ini muncul karena adanya salah paham antar pribadi yang menyangkut masalah tugas dan wewenang dari orang yang ada dalam organisasi. Misalnya seorang guru akan melaksanakan kegiatan dengan guru lain, antara kedua guru tersebut sebelumnya  terjadi masalah pribadi sehingga komunikasi antara kedua guru tersebut tidak efektif. 
Sejatinya, mayoritas penduduk/manusia di muka bumi pernah/sempat belajar di tempat yang namanya sekolah. Ya, sekolah. Mulai TK, SD, SMP, SMA/K, & bahkan perguruan tinggi pun masih bisa disebut sekolah. Namun menurut saya, maksud dari hambatan komunikasi organisasi sekolah adalah yang masih dalam tingkat SD - SMA. SD, walaupun belum terdapat organisasi pengayom sesama murid, telah ada organisasi-organisasi yang diatur oleh para guru semisal Pramuka. Dari SD saja, organisasi sudah mulai dirasakan oleh para murid. Kemudian, berlanjut ke SMP. Saat SMP, sudah mulai ada organisasi pengayom sesama murid semisal OSIS & Rohis. Terlebih masuk pada jenjang SMA, mulai kompleks & terakhir pada organisasi kampus/universitas.

Demikianlah, maksud dari artikel ini bahwa hal kecil bisa mempengaruhi segalanya, seperti organisasi sekolah yang mengalami hambatan komunikasi bisa mempengaruhi kehidupan berbangsa & bernegara, serta antar negara-negara.

Komentar

Postingan Populer