Penggolongan Tipe Generasi dalam Organisasi

"Mungkin berlebihan. Tapi sadarkah kawan, saat ini kita telah berada di puncak peradaban manusia & juga di masa akhir zaman. Masa akhir zaman. Ya, masa di mana begitu mudah ilmu pengetahuan bisa kita raih & miliki, namun juga berbagai kemungkinan bisa terjadi. Entah jadi baik atau buruk, tergantung niatannya. Tentunya juga, dengan kian majunya teknologi yg bisa 'mendekatkan yg jauh-menjauhkan yg dekat (loh?)', kita bisa tau berbagai macam tipe orang. Mulai dari yg paling baik, sholeh/-ah, dst...sampai yg paling buruk, jahat, pendosa, dst juga."

Begitulah adanya. Saking penasarannya dengan sejarah, tak terasa pemikiran sejarah itu meresap ke dalam kesadaran menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam Islam, memahami zaman adalah satu di antara 'Pelajaran' Nabi Muhammad wasiatkan kepada umatnya. Benar, yaitu prihal Eskatologi (cek Kamus atau Wikipedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Eskatologi), atau semacam ilmu untuk mempelajari tanda-tanda kehancuran dunia, Kiamat. Mungkin seram, tapi begitulah adanya.

Tapi, saya tak bahas itu :) . Tentu atas inspirasi dari berbagai sumber & pengalaman, saya ingin menyampaikan kepada Anda prihal Penggolongan Tipe Generasi dalam Organisasi. Berikut pembahasannya.

.:Penggolongan Tipe Generasi dalam Organisasi:.

Ada 7 tipe Generasi dalam suatu organisasi :

1.Perintis
Inilah generasi Perintis/Pendiri, The First Class atau generasi pertama dalam suatu organisasi. Namun ketahuilah juga, barangkali setelah sekian lama suatu organisasi berdiri, terjadi 'kejenuhan' & akhirnya 'sekarat'. Sehingga, generasi setelah 'pembawa' fase 'sekarat' tersebut bisa juga loh disebut sebagai generasi Perintis. Ibarat roda berputar atau siklus musim, itu terjadi.

2.Penggagas
Sebenarnya, generasi ini sama dengan generasi Perintis. Namun, ada yg tidak demikian. Ketika generasi Perintis berjuang membentuk suatu organisasi, ada kemungkinan mereka belumlah dalam kondisi matang, ibarat siklus hidup makhluk hidup. Barulah setelah beberapa waktu berlalu, generasi setelah generasi Perintis tersebut belajar & memahami bahwa baiknya begini & begitu, sehingga terbentuklah suatu gagasan yg matang. Itulah generasi Penggagas.

3.Penerus
Dari namanya saja sudah jelas, bahwa ini adalah generasi Penerus perjuangan dari generasi sebelumnya, yaitu generasi Penggagas dan/atau Perintis. Pada masa perjuangannya, tidaklah mengalami kemajuan yg cukup pesat, namun tetap ada perbaikan di beberapa lini, tidak semua.

4.Pengembang/Pemuncak
Yap, inilah generasi 'Emas'. Pada masa merekalah suatu organisasi sampai pada puncaknya, bahkan mungkin bisa berkembang lagi secara kontinyu bila baik proses kaderisasinya. Inilah generasi yg dalam berbagai lini, secara bertahap nyambil belajar dari generasi-generasi sebelumnya, dapat memperbaiki & mengembangkan pergerakannya. Dua lini utamanya adalah bagian Eksternal (Syiar dalam organisasi Islam) & Internal (Kaderisasi).

5.Penghancur
Dari namanya saja, sudah seram. Ya, tak 100% menghancurkan. Namun mulai pada masanya-lah, suatu organisasi mengalami kemunduran. Tentu, kemunduran ini terkait pada banyak faktor. Dan kemunduran yg dimaksud di sini adalah yg membawa suatu organisasi pada ambang batas kehancuran atau 'sekarat', bahkan sampai mendeklarasikan 'tutup bukunya' organisasi tersebut.

6.Penasehat
Cukup mudah dimengerti. Inilah generasi alumni di mana tugasnya hanyalah untuk menasehati atau memberikan masukan ide kepada generasi setelahnya. Tidak lebih, jika dilihat dari sudut pandang generasi setelahnya. 

7.Penikmat & Pemantau
Mudah untuk dimengerti. Kenapa? Yap, karena inilah generasi yg hanya menikmati & memantau hasil karya suatu organisasi. Inilah satu-satunya tipe generasi yg masih bersinggungan dengan suatu organisasi, tapi bersifat pasif & di luar atau eksternal kepengurusan. Bisa disebut juga sebagai "orang/masyarakat awam" & alumni suatu organisasi. Sedikit berbeda dari generasi Penasehat.

Dari ketujuh golongan generasi di atas, tidak semua berada pada siklus yg 'lurus' seperti pada penomoran di atas. Mungkin juga secara acak.

Sekian pembahasan dari saya, apabila ada yg kurang berkenan di hati para pembaca, mohon maaf-kan saya karena saya pun masih belajar & moga bermanfaat (aamiin).

.:Keterangan Tambahan:.

Ya, perlu diketahui bahwa definisi organisasi itu adalah multitafsir. PBB, ASEAN, suatu negara, provinsi suatu negara, hingga keluarga adalah organisasi & bahkan kelompok belajar atau apapun. Tinggal bagaimana kita bersama memaknainya dalam kehidupan sehari-hari.

.:Sumber Inspirasi/Referensi:.

- Perenungan
- Kitab Al-Qur'an & Hadits khususnya tentang sejarah umat/masyarakat terdahulu & ilmu tentang Eskatologi
- Buku "Mencari Pahlawan Indonesia", karya Ust.H.M.Anis Matta, Lc. 
Silakan cek link ini :
- Buku "100 Pemimpin Militer yg Berpengaruh di dalam Sejarah Dunia" karya Samuel Willard Crompton & "100 Pemimpin Dunia yg Berpengaruh di dalam Sejarah Dunia" karya Kathleen Paparchontis
- Buku-buku sejarah : dunia, Islam, & Indonesia
- Ceramah Ust.Ihsan Tandjung
- Pengalaman orang
- Film Anime : Avatar The Legend of Aang/The Last Airbender & The Legend of Korra
Silakan cekidot : http://www.nick.com/shows/legend-of-korra
- Quote-nya Pak Hatta Rajasa (eits, bukan kampanye..hehe..serius) :
"Dahulu, pemuda berteriak : 'Merdeka atau mati!'
Sekarang, pemuda berteriak : 'Mandiri & berinovasi!'
Beda zaman, beda tantangan."

Komentar

Postingan Populer