Organisasi, Apaan Tuh?

Organisasi, apaan ya? Begitulah ketika dosen Manajemen Umum pertama kali menanyakan kepada saya & teman2 saya di kelas. Daripada cuma menerawang, mengarang, atau membuat pernyataan sendiri, alangkah lebih baik dimunculkan ke permukaan apa pengertian dari organisasi oleh para pakar yg sudah lebih dahulu mengutarakan makna organisasi.

Macam2 Pengertian Organisasi oleh Para Ahli
1. Organisasi menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2. Organisasi menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Organisasi menurut Chester I. Bernard
 Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

4. Organisasi menurut Stephen P. Robbins
Organisasi merupakan kesatuan sosial yg dikoordinasikan secara sadar dengan sevuah batasan yg relatif dapat diidentifikasi & bekerja atas dasar yg relatif terus-menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

5. Organisasi menurut Matthias Aroef
Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang bekerja bersama sama untuk mencapai tujuannya.

6. Organisasi menurut Bakke
Organisasi merupakan  sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan.

7. Organisasi menurut Allen
Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan - hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.

8. Organisasi menurut Pfiffner & Sherwood
Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis.
 
Ya, cukup sekian macam2 pengertian organisasi yg telah dikemukakan oleh para ahli. Semoga bermanfaat.
 
Sumber:  

Komentar

Postingan Populer